Pengertian dan Besaran Listrik Lengkap

Pengertian dan besaran listrik lengkap - Listrik adalah muatan yang terdiri dari muatan positif dan negatif, suatu benda dikatakan memiliki energi listrik jika muatan suatu benda berbeda.

Sementara muatan yang dapat dipindahkan adalah muatan negatif suatu objek, transfer muatan negatif disebabkan oleh berbagai kekuatan atau energi, seperti energi gerak, energi panas, dan sebagainya.


Transfer muatan negatif ini disebut energi listrik, karena suatu benda akan selalu mempertahankan keadaan netral atau seimbang antara muatan positif dan negatif. Kemudian, jika jumlah muatan positif lebih besar dari muatan negatif, objek mencari muatan negatif untuk mencapai keadaan seimbang.

Listrik adalah serangkaian fenomena fisik yang terkait dengan keberadaan dan aliran muatan listrik. Listrik menyebabkan beberapa jenis efek yang diketahui, seperti kilat, listrik statis, induksi elektromagnetik, dan arus listrik. Kehadiran listrik juga dapat menyebabkan dan menerima radiasi elektromagnetik, seperti gelombang radio.

Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dari rangkaian listrik dan dinyatakan dalam volt. Kuantitas ini mengukur energi potensial medan listrik yang menghasilkan listrik dalam konduktor listrik.

Tergantung pada perbedaan potensial listrik, dapat dikatakan bahwa tegangan sangat rendah, rendah, tinggi atau sangat tinggi.

Menurut definisi, tegangan listrik menyebabkan pergerakan objek muatan listrik negatif dari lokasi tegangan rendah ke lokasi tegangan lebih tinggi. Arah arus listrik konvensional dalam suatu konduktor bervariasi dari tegangan tinggi ke tegangan rendah.

Arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang disebabkan oleh pergerakan elektron, yang melewati suatu titik di sirkuit listrik setiap unit waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan couloumb / detik atau ampere.

Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari mikro-amp yang sangat lemah, seperti jaringan tubuh, hingga arus yang sangat kuat dari 1 hingga 200 kilogram, seperti yang terjadi pada petir.

Pada sebagian besar sirkuit DC, dapat diasumsikan bahwa resistansi terhadap arus listrik adalah konstan, sehingga jumlah arus yang mengalir dalam rangkaian tergantung pada tegangan dan resistansi sesuai dengan hukum ohm.

Gaya gerak listrik (GLD) adalah jumlah energi listrik yang berubah menjadi energi non-listrik, atau sebaliknya, jika satu unit muatan melewati sumber atau pekerjaan yang dilakukan oleh sumber unit muatan. dinyatakan dalam volt

Muatan listrik adalah muatan dasar dari suatu benda, yang memungkinkannya untuk merasakan gaya yang diberikan pada benda-benda terdekat lainnya dan dengan muatan listrik. Simbol Q sering digunakan untuk menggambarkan beban. Sistem unit internasional unit Q adalah coloumb, yang mewakili 6,24 x 1018 biaya dasar. Q adalah sifat dasar dari materi dalam bentuk proton (muatan positif) dan elektron (muatan negatif).

Muatan listrik total atom atau bahan ini bisa positif jika atom kekurangan elektron. Sementara atom dengan elektron berlebih akan bermuatan negatif. Jumlah muatan tergantung pada kelebihan atau kekurangan elektron ini. Oleh karena itu, muatan material / atom adalah kelipatan dari unit dasar Q. Dalam atom netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron sebagai surround (membentuk muatan total netral atau kosong).

Selanjutnya saya akan menyarankan Anda untuk melakukan pembayaran dan cek tagihan listrik melalui online, karena sangat mudah, aman, dan cepat hanya dengan menggunakan aplikasi BebasBayar yang dapat Anda download secara gratis.

BebasBayar merupakan layanan pembayaran tagihan online terlengkap, karena ada banyak tawaran layanan yang tersedia, dan yang lebih menarik adalah adanya bonus cashback setiap pembeliannya *Syarat dan ketentuan berlaku.

Postingan Populer